Usai Lewati Berbagai Tahap Ujian, 145 Santri Diwisuda

Usai Lewati Berbagai Tahap Ujian, 145 Santri Diwisuda

Madrasah Tsanawiyah Zainul Hasan (MTs. Zaha) Genggong kembali menggelar acara wisuda bagi para santri yang telah lulus program Amtsilati dan Tahfiz Al-Qur’an pada Ahad 5 Juni 2022. Pada acara wisuda Amtsilati ke-VI dan Tahfiz ke-V ini, madrasah mewisuda sebanyak 145 santri, yang terdiri atas 103 wisudawan amtsilati dan 42 wisudawan Tahfiz Al-Qur’an. Acara yang digelar di GOR Damanhuri Romli Pesantren Zainul Hasan ini dihadiri oleh kepala madrasah, asatidz-asatidzah, para wali santri, serta tamu undangan.

Sebelum prosesi wisuda, para wisudawan diarak terlebih dahulu dari halaman pesantren menuju GOR Damanhuri dengan diiringi oleh Drum Band SD. ZAHA. Usai diarak, para santri memasuki gedung dan menempati tempat duduk yang telah disediakan.

Acara dimulai pukul delapan pagi dengan diawali oleh pembukaan yang dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an. Setelah itu, acara dilanjut dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Hubbul Waton serta dilanjutkan dengan sambutan dari kepala madrasah, Almukarram KH. Moh. Hasan Naufal, S.H.I., M.Pd. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan bahwa program Amtsilat dan Tahfiz Al-Qur’an sangat progress hingga saat ini.

Selain itu, beliau juga memuji kesabaran dan keuletan para guru dalam membimbing santri. “Mereka telah melalui proses yang panjang untuk mencapai wisuda. Namun, proses yang panjang ini tidak lepas dari para pembimbing yang sabar, ulet, dan juga tawakkal dalam menghadapi putra-putri panjenengan.” Dawuhnya.

Di sela-sela sambutan kepala madrasah, juga menampilkan pemutaran video proses yang dilalui para santri menuju wisuda.

Usai pemutaran video, acara dilanjutkan dengan acara inti, yaitu prosesi wisuda. Sebanyak 42 santri wisudawan Tahfiz diwisuda oleh Ustad Syafi’i Zain, perwakilan Jamiyyatul Qurro’ wal Huffadz Nahdlatul Ulama Kota Kraksaan didampingi kepala madrasah dengan menerima ijazah secara bergiliran. Setelah itu, dilanjutkan dengan prosesi wisuda Amtsilati. Pada sesi ini, kepala madrasah bersama Kiai Kamaluddin mewisuda 103 santri yang telah lulus program Amtsilati.

Selain mewisuda para santri, madrasah juga memberi cenderamata bagi tamu undangan dan penghargaan bagi para santri dengan nilai terbaik di program Amtsilati dan Tahfiz Al-Qur’an. Selain itu, penghargaan juga diberikan kepada santri tercepat yang menuntaskan program Amtsilati.

Acara ditutup dengan sholawat nabi dan doa yang dipandu oleh Jam’iyah Hadroh Munsyiduna MTs. Zaha Genggong.

Wisudawan Terbaik saat menerima penghargaan dalam acara Wisuda Amtsilati Ke-VI dan Tahfidz Al-Qur’an ke-V tahun 2022
,

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: