Rayakan Muharam, MTs. Zaha Santuni Puluhan Anak Yatim

GENGGONG- Dalam rangka memperingati bulan mulia Muharam, Madrasah Tsanawiyah Zainul Hasan (MTs. Zaha) Genggong kembali mengadakan kegiatan santunan bagi anak yatim. Kegiatan ini berlangsung pada Kamis (19/8).

Sebanyak puluhan anak yatim beserta walinya sengaja diundang oleh madrasah untuk menerima santunan. Santunan yang diberikan tersebut merupakan hasil dari salah satu program MTs. Zaha yang istikamah dilaksanakan setiap hari Kamis oleh santri dan asatidz, yaitu Yaumus Shodaqoh.

Acara yang berlangsung di Aula MTs. Zaha ini, dihadiri langsung oleh Kepala Madrasah, Almukarrom KH. Moh. Hasan Naufal, S.H.I., M.Pd. beserta para asatid dan seluruh santri putra dengan menerapkan protokol kesehatan.

Dalam sambutannya, beliau memaparkan keutamaan Bulan Muharam sebagai bulan pertama dalam kalender Tahun Hijriah. Seperti yang disampaikan oleh Nabi Muhammad SAW, di bulan Muharam salah satu ibadah yang bernilai pahala besar adalah membelai anak-anak yatim yang diartikan sebagai menyantuni anak yatim..

“Banyak amalan yang dapat dilakukan di bulan istimewa ini. Salah satunya menyantuni anak yatim. Sebagaimana dalam hadits, bahwa orang yang memelihara anak yatim akan masuk surga, berdekatan dengan Rasulullah SAW seperti dekatnya jari telunjuk dengan jari tengah.” Tutur beliau.

Selain itu, beliau juga mengapresiasi program Yaumus Shodaqoh yang istikamah dilakukan para santri dan asatidz. “Inilah hasilnya. Shodaqoh kalian tidak sia-sia. Ini menjadi saksi nanti di hadapan Allah Subhanahu Wa Ta’ala.” Dawuh beliau. Gus/Ry