• Home »
  • Umum »
  • Adakan Kunjungan ke MTs. Zaha, Tim Dari UNAIR Apresiasi Green House dan Bank Sampah

Adakan Kunjungan ke MTs. Zaha, Tim Dari UNAIR Apresiasi Green House dan Bank Sampah

Madrasah Tsanawiyah Zainul Hasan (MTs. Zaha) Genggong kedatangan tamu istimewa. Rabu pagi (16/6), beberapa dosen dari Universitas Airlangga (UNAIR) berkunjung ke MTs. Zaha guna melihat program Green House. Mereka didampingi oleh Ketua Yayasan Pondok Pesantren Zainul Hasan Genggong, KH. Moh. Hasan Mutawakkil Alallah, S.H., M.M.

Ditemui langsung oleh pimpinan MTs. Zaha, tim yang terdiri atas beberapa guru besar UNAIR tersebut antusias dengan program Green House dan Bank Sampah MTs. Zaha. Mereka menanyakan pemanfaatan Green House dan Bank Sampah tersebut.

Ustadz Nanang selaku Kepala Green House menjelaskan kepada para guru besar tersebut bahwa Green House memiliki beberapa manfaat, diantaranya sebagai media pembelajaran santri pada mapel IPA, mengurangi polusi udara, dan hasil tanamannya organik bebas bahan kimia.

“Di sini ada produk yang kami beri nama Sawi Pakcoy, Pak. Kami manfaatkan sebagai bahan pembuatan pentol bakso.
Dijual di madrasah dan pesantren utk mengurangi ketergantungan santri pada mi instan dan menambah pendapatan sekolah” jelasnya.

Tim UNAIR juga mengapresiasi pembuatan batako plastik hasil pengolahan Bank Sampah. “Sudah setingkat tsanawiyah sudah kayak ini. Guru di sini hebat-hebat. Selain bisa ngajar, juga bisa mengelola sampah.” Ungkapnya.

“Kyai Mutawakkil, meskipun harga batakonya lebih mahal dari batako semen, para guru di sini harus percaya diri karena batakonya dibuat santrinya Kyai Mutawakkil. Nah, nanti batakonya diberi nama batako
“Barokah”. Disambut gelak tawa yang hadir.
Sebelum pulang, salah satu profesor berpesan agar MTs Zaha menanam tanaman yang sangat baik dalam menyerap polusi diantaranya bambu.