Tambah Wawasan Asatidz-Asatidzah Melalui Pelatihan Falakiyah dan Fikih Nisa’.

Dalam rangka menambah wawasan para ustadz-ustadzah pengampu Amtsilati, Madrasah Tsanawiyah Zainul Hasan (MTs. Zaha) menggelar Kaderisasi Mu’allim Mu’allimah Falakiyah dan Fikih Nisa’. Kegiatan tersebut berlangsung selama dua hari, yakni pada Sabtu-Ahad (09-10/09) yang bertempat di Aula Tabaarakallah.

Sebanyak sepuluh pengampu Amtsilati yang terdiri atas lima ustadz dan lima ustadzah mengikuti kegiatan tersebut dengan narasumber Ustad Fandi Ika Maulana dan Ustad Erfan Bashori dari Koordinator Wilayah (Korwil) Amtsilati Jatim 3 (Bondowoso).

“Kami ingin para pengampu Amtsilati menambah wawasan untuk bekal dalam membimbing santri, khususnya santri pascaamtsilati.” Ungkap Ustad Mistari sebagai koordinator kegiatan.

Kegiatan pengkaderan Falakiyah merupakan pelatihan ilmu Falak, yakni meliputi penentuan waktu salat, pembuatan kalender masehi dan hijriyah, menentukan arah kiblat, hingga menentukan jam. Para peserta begitu enjoy mengikuti kegiatan tersebut. Hal tersebut dibuktikan dengan hanya dalam hitungan jam, para asatidz-asatidzah MTs. Zaha  sudah mampu mengaplikasikan pembuatan kalender, penentuan arah kiblat, dan waktu salat.

Sementara itu, pada materi Fikih Nisa’, kegiatan didesain secara santai. Narasumber menggunakan metode tanya jawab dan diskusi secara langsung kepada para peserta. Gus/Ry

Telegram
Facebook
Twitter
WhatsApp
Print

Tinggalkan Balasan