Tingkatkan Mutu Lulusan, MTs. Zaha Gelar Uji Kompetensi Program

Tingkatkan Mutu Lulusan, MTs. Zaha Gelar Uji Kompetensi Program

Genggong- Guna mencetak lulusan yang bermutu, Madrasah Tsanawiyah Zainul Hasan Genggong menggelar kegiatan Uji Kompetensi Program bagi santri semester akhir. Kegiatan yang dilaksanakan pada Sabtu (12/3) ini diikuti oleh seluruh sanri dari masing-masing program kelas, di antaranya program Agama, IT, Sains, dan Umum.

Tujuan dari kegiatan Uji Kompetensi Program ini adalah sebagai evaluasi untuk mengukur ketercapaian pembelajaran pada setiap peserta didik sesuai program. Selain itu, Uji Kompetensi Program juga menjadi salah satu syarat kelulusan bagi santri. Nantinya, para santri yang sudah dinyatakan lulus uji kompetensi akan mendapatkan sertifikat kompetensi sebagai bukti kelulusannya.

“Jadi, ini yang berbeda dari MTs. Zaha dengan madrasah atau sekolah lain. UKP (Uji Kompetensi Program) menjadi syarat kelulusan bagi santri untuk mengukur ketercapaian kompetensi. Sehingga lulusan MTs. Zaha benar-benar memiliki keahlian di bidangnya masing-masing.” Ungkap Ustad Hazbullah Rohman selaku Wakamad Kurikulum.

Dalam Uji Kompetensi Program, target ketercapaian setiap program berbeda-beda sesuai dengan programnya. Untuk program Agama, para santri harus menguasai Nahwu dan Shorrof serta dapat membaca kitab Safinatun najah dengan baik. Sedangkan Program IT, para santri diharuskan menguasai IT dasar dan desain grafis menggunakan Adobe Photoshop.

Sementara itu, santri Progran Sains harus menguasai perkembangbiakan Vegetatif. Sedangkan Program Umum praktik membuat suatu produk atau karya kerajinan tangan, seperti membuat buket, bambu ulir, melukis, membuat karikatur, hingga membuat pot bunga.Gus/Ry


Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: