Sambut Hari Peduli Sampah, Warga Madrasah Gelar Bersih-bersih

Sambut Hari Peduli Sampah, Warga Madrasah Gelar Bersih-bersih

Dalam rangka menyambut peringatan Hari Peduli Sampah Nasional pada 21 Februari 2022, Madrasah Tsanawiyah Zainul Hasan Genggong (MTs. Zaha) menggelar aksi bebas sampah dengan kerja bakti membersihkan seluruh area madrasah. Kegiatan ini dilaksanakan di dua tempat, yaitu di gedung dan halaman MTs. Zaha Putra dan di Gedung putri serta halaman pesantren Zainul Hasan Genggong.

Kegiatan yang dilaksanakan pada Ahad (20/2) pagi ini diikuti oleh seluruh warga madrasah, mulai dari para santri, asatid/asatidzah, serta pimpinan.

Di gedung putra, para santri dan asatid membersihkan sampah dan rumput yang mulai tumbuh di halaman madrasah, membersihkan saluran air, serta merapikan ranting pohon. Selain itu, para santri juga membersihkan area bahu jalan di sepanjang gedung madrasah.

Sementara di putri, kegiatan dilaksanakan tidak hanya di gedung MTs. Zaha saja, namun juga di halaman pesantren. Para santri dan asatid memunguti sampah yang ada di halaman pesantren dan juga membersihkan rumput-rumput di depan gedung baru.

“Kami ingin memberikan pengalaman kepada santri untuk peduli lingkungan bekerja bakti. Tidak hanya di madrasah saja, namun juga di lingkungan sekitar madrasah dan pondok.” Ungkap Koordinator kegiatan, Ustad Barokallahufik, S.Pd.

Selain membersihkan sampah, para santri juga memanfaatkan sampah yang ada di sekitar madrasah untuk dijadikan barang yang bermanfaat. Mereka mendaur ulang sampah seperti plastik, kertas, dan kardus menjadi barang yang unik.

“Kami ingin memanfaatkan sampah menjadi barang berguna seperti tempat pensil, vas bunga, dan lain-lain. Walau sederhana, yang penting bermanfaat.” Ucap Ismail, ketua OSIS Putra


Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: