Persiapan Ujian Akhir, MTs. Zaha Gelar Muhasabah

Persiapan Ujian Akhir, MTs. Zaha Gelar Muhasabah

Genggong- Dalam rangka persiapan menghadapi ujian akhir, Madrasah Tsanawiyah Zainul Hasan (MTs. Zaha) Genggong menggelar acara muhasabah bagi santri semester 5 pada Senin (6/12) pagi. Kegiatan tersebut bertujuan untuk memberi semangat dan motivasi spiritual kepada santri semester 5 yang akan menghadapi ujian akhir madrasah.

Kegiatan yang bertempat di Aula Tabaarokallah MTs. Zainul Hasan tersebut dihadiri oleh semua santri semester 5, Pembimbing Akademik semester 5, serta para pimpinan madrasah. Selain muhasabah, acara tersebut juga diisi dengan sosialisasi jadwal kegiatan akhir bagi santri semester 5.

Pembacaan ayat suci Al-Qur’an oleh Ashgar Kandias mengawali kegiatan tersebut. Lalu dilanjut dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya.

Setelah itu, acara dilanjutkan dengan sosialisasi kegiatan semester akhir yang disampaikan oleh Wakil kepala madrasah bagian kurikulum, Ustad Hazbullah Rohman, S.Pd., Di hadapan para santri beliau menyampaikan berbagai hal penting, mulai dari jadwal ujian madrasah, ujian praktik, hingga acara akhirussanah yang harus diikuti oleh seluruh santri semester akhir.

Usai sosialisasi, Kepala Madrasah, Almukarram KH. Moh. Hasan Naufal, S.H.I., M.Pd. memberi pengarahan kepada santri. Beliau berpesan agar para santri tetap semangat dalam belajar. ” Tetap jaga niat kalian. Tinggikan cita-cita kalian. Carilah ilmu sebanyak-banyaknya. Karena ilmu dapat menyelamatkan kalian di dunia dan akhirat.” Dawuh beliau.

Usai pengarahan, acara dilanjut dengan kegiatan muhasabah yang merupakan acara puncak pada kegiatan ini. Muhasabahpun berlangsung secara khidmad. Para santri tampak tidak kuasa menahan air matanya ketika mengikuti renungan yang dipimpin langsung oleh kepala madrasah. Tidak hanya santri, para asatid pun juga ikut larut dalam suasana. Tidak sedikit asatid yang juga meneteskan air mata. Gus/Ry


Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: