• Home »
  • Umum »
  • PERSIAPAN WISUDA, MTs. ZAHA GELAR UJI PUBLIK AMTSILATI DAN TAHFIDZ AL QURAN

PERSIAPAN WISUDA, MTs. ZAHA GELAR UJI PUBLIK AMTSILATI DAN TAHFIDZ AL QURAN

Madrasah Tsanawiyah Zainul Hasan (MTs. Zaha) Genggong menggelar acara uji publik bagi calon wisudawan/wisudawati Amtsilati dan Tahfidz Al Quran. Acara tersebut berlangsung di GOR Damanhuri Romly pada Rabu pagi (26/05) dengan protokol kesehatan yang sangat ketat.
Kegiatan tersebut dilaksanakan dalam rangka ujian terakhir menjelang Wisuda Amtsilati ke-5 dan Tahfidz Al Quran ke-4. Sebanyak 266 calon wisudawan/wisudawati Amtsilati dan Tahfidz diuji di hadapan para asatidz dan wali santri.

Acara dimulai dengan pembukaan yang dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci Al Quran oleh santri semester 4, M. Asghar Kandiaz. Acara kemudian dilanjutkan dengan sambutan kepala madrasah yang diwakili oleh wakil kepala madrasah bagian kurikulum, Ustad H. M. Harsoyo Mukhtar, S.Ag., M.M.. Dalam sambutannya, beliau berharap agar para calon wisudawan/wisudawati terus mengembangkan ilmunya. “Amtsilati dan tahfidz merupakan program unggulan kita. Kami berharap kalian tidak hanya berhenti sampai di sini. Tapi juga berlanjut ke pasca amtsilati dan program tahfidz di jenjang berikut. Insya Allah kalian semua menjadi anak yang baik,” tegasnya.

Acara dilanjut dengan uji tahfidz Al Quran. Sebanyak tiga puluh santri diuji di depan pentas oleh ustad Sandi, M.Pd. Surat-surat dan juz yang dibaca terdiri atas juz 30 dan juz 1 sampai 8. Peserta membaca menggunakan metode murottal dengan lancar.

Setelah uji tahfidz, acara dilanjut dengan uji amtsilati. 236 calon wisudawan/wisudawati diuji langsung oleh Koordinator Amtsilati Jawa Timur III, Kiai Ahmad Kamaluddin, pengasuh Pondok Pesantren Mambaul Falah, Bondowoso. Mereka diuji dengan didampingi oleh orang tuanya masing-masing. Tujuannya adalah agar orang tua mengetahui secara langsung proses dan hasil yang dicapai oleh putra-putrinya dalam belajar amtsilati.

“Biar bapak-ibu tahu kualitas anaknya sejauh mana hasil belajar amtsilati selama ini. Bukan hanya tahu mereka diwisuda saja. Tapi benar-benar bisa.” Tutur Kiai asal Kudus tersebut.

Syukur alhamdulillah, seluruh peserta dapat membaca kitab kuning dan mengartikannya dengan lancar.

Selanjutnya, para calon wisudawan/wisudawati Amtsilati dan Tahfidz Al Quran tersebut akan mengikuti prosesi wisuda pada 3 Juli 2021. Gus/Ry