Penilaian Kinerja Kepala Madrasah MTs. Zainul Hasan Genggong.

Sejumlah madrasah Tsanawiyah di lingkungan Kantor Kementerian Agama Kabupaten (Kankemenag) Probolinggo kedatangan tamu istimewa, yakni tim pengawas madrasah yang datang ke madrasah untuk melakukan Penilaian Kinerja Kepala Madrasah (PKKM). Seperti halnya pada Madrasah Tsanawiyah Zainul Hasan (MTs. Zaha) Genggong, pada hari Kamis tanggal 28 Nopember kemarin juga menerima tamu pengawas madrasah yang diberi tugas Kankemenag. Sebagaimana jadwal yang ditentukan oleh Seksi Pendidikan Madrasah, tim pengawas yang hadir ke MTs. Zaha adalah Bapak Harianto, S.Pd. dan Ibu Hj. Siti Aminah, S.Ag.,MM.


Kegiatan PKKM tersebut diawali dengan acara ramah tamah pimpinan madrasah dengan tim pengawas di ruang kepala Madrasah. Ramah tamah berlangsung singkat, tim pengawas segera memasuki ruang assessment PKKM di ruang SKS. Dalam PKKM tersebut, tim pengawas memeriksa semua berkas dan bukti fisik delapan Standar Nasional Pendidikan (SNP) yang sudah disiapkan madrasah. Selesai memeriksa berkas dan bukti fisik, kedua pengawas memberikan motion jempol sebagai bentuk hasil PKKM bernilai istimewa yang disambut dengan applaus pimpinan madrasah.


Selanjutnya tim pengawas mengadakan pertemuan dengan pimpinan dan para asatidz dan asatidzah MTs. Zaha. Pada pertemuan tersebut, kepala MTs Zaha, KH. Moh. Hasan Naufal, S.H.I, M.Pd dalam sambutannya beliau menyampaikan terima kasih serta permohonan maaf kepada tim pengawas jika dalam penyambutan hingga proses penilaian terdapat banyak kekurangan. Dalam kesempatan itu pula beliau menyampaikan sedikit program yang telah dilakukan oleh MTs. Zaha, termasuk perkembangannya dari tahun ke tahun. “Kehadiran tim pengawas pada PKKM ini sangat berguna bagi kami, utamanya dalam rangka untuk meningkatkan pendidikan dan mengevaluasi diri. Untuk itu kami mohon bimbingannya agar selalu memberikan pelayanan terbaik kepada para santri”, ujarnya yang diakhiri dengan hadiah pantun untuk tim pengawas yang disambut gelak tawa hadirin.


Selanjutnya sambutan disampaikan oleh tim pengawas, Ibu Hj. Siti Aminah, S.Ag.,MM. Beliau menyampaikan bahwa akreditasi A yang dimiliki MTs Zaha sebenarnya sudah cukup menentukan dalam PKKM, namun tugas pengawas adalah memeriksa dan memberikan assesment. “nilai akreditasi MTs Zaha sangat menentukan dalam PKKM ini terkait kelengkapan berkas dan bukti fisik”, terangnya.Usai PKKM tersebut, tim pengawas langsung dihidangkan makan bersama dengan polo’an khas MTs Zaha dan dihidangkan bakso sawi pakchoy. (Tgh/Ry)