Kiai Mutawakkil Resmikan Sentra Usaha Madrasah Milik MTs. Zaha

 

KH. Moh. Hasan Mutawakkil Alallah saat Menandatangani Prasasti Peresmian Gedung Sentra Usaha Madrasah (SUM) MTs. ZahaGenggong- Ketua Yayasan Pendidikan Pesantren Zainul Hasan Genggong, KH. Moh. Hasan Mutawakkil Alallah, S.H., M.M meresmikan Sentra Usaha Madrasah (SUM) milik MTs. Zainul Hasan (MTs. Zaha) Genggong. Gedung yang berada tepat dipinggir jalan atau sebelah selatan monument NU Genggong ini diresmikan kemarin Kamis (31/1/2019).

Peresmian tersebut dilakukan saat ketua yayasan bersama pengurus yayasan melakukan kunjungan ke MTs. Zaha untuk menggelar rapat evaluasi pendidikan. Selain gedung SUM tersebut, juga diresmikan Green House dan taman belajar santri yang telah rampung dibangun pada bulan Januari 2019.

Kepala Madrasah, KH. Moh. Hasan Naufal, S.H.I., M.Pd menuturkan bahwa gedung ini merupakan salah satu pengembangan sarana prasarana madrasah yang dibangun untuk mendukung perkembangan layanan pendidikan di MTs. Zaha.

Sentra Usaha Madrasah dibangun selain untuk melengkapi sarana prasarana, juga sebagai badan usaha madrasah. Sebab di gedung SUM ini tersedia koperasi dan kantin sehat. “Jadi dengan adanya sentra usaha ini kita juga ingin mengajarkan kepada para santri tentang entrepreneur. Sebab, tidak hanya makanan dan kebutuhan pokok yang dijual, tapi juga hasil karya santri kita pasarkan disini. Hasil karya yang dibuat santri melalui bimbingan student’s day kita hargai disini. Makanya gedungnya kita letakkan tepat dipinggir jalan supaya juga bisa diakses untuk masyarakat umum juga,” ungkap Nun Boy, sapaan akrab beliau.

Diberi nama Sentra Usaha Madrasah, lanjut nun boy, karena disini tidak hanya ada koperasi dan kantin saja. Kedepan berencana juga akan dibuka percetakan dan usaha-usaha lainnya yang bermanfaat untuk pengembangan madrasah.

Selain itu, taman belajar dan green house yang juga berada di lokasi gedung putra, dibangun untuk santri supaya para santri bisa belajar dengan nyaman. “Tidak selalu di dalam kelas, tapi mereka juga bisa belajar di taman. Selain itu bisa belajar dan mengenal langsung tumbuh-tumbuhan di green house yang sudah ada. Kita ciptakan nuansa hijau di lingkungan madrasah supaya semuanya bisa merasa nyaman dan kerasan di madrasah,” ungkapnya.

Rupanya pengembangan sarana ini mendapat apresiasi dari pihak yayasan yang diungkapkan oleh kepala Biro Pendidikan, Dr. Abd. Aziz Wahab. Menurutnya MTs. Zaha tidak main-main dalam mengembangkan pendidikan. “Gedung ini merupakan salah satu bukti nyata perkembangan yang dialami oleh MTs. Zaha”, ungkap Dr. Aziz.