Rapat Evaluasi Pendidikan, Ketua Yayasan Puji Perkembangan Pesat MTs. Zaha

Genggong- Dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan, Yayasan Pendidikan Pesantren Zainul Hasan Genggong (YPPZH) melakukan rapat evaluasi pada masing-masing lembaga yang dikelolanya. Salah satunya Madrasah Tsanawiyah Zainul Hasan Genggong (MTs Zaha) yang mendapatkan kesempatan kunjungan evaluasi dari YPPZH. Kegiatan evaluasi yang dipimpin langsung oleh ketua yayasan ini dilakukan kemarin Kamis (31/1) yang diikuti oleh seluruh pimpinan, dewan asatidz, dan para karyawan keluarga besar MTs Zaha.

Kehadiran ketua YPPZH, KH. Moh. Hasan Mutawakkil Alallah, SH., M.M. merupakan momen istimewa bagi MTs Zaha. Terbukti dari antusiasme keluarga besar MTs dalam menyambut kehadiran beliau yang terlihat mulai dari luar gerbang MTs Zaha. Para santri calon pelopor kedisiplinan berbaris rapi di kiri kanan jalan raya diikuti para asatidz anggota tim PETASAN (Penegak Tata Tertib Santri) yang berjejer di samping gerbang madrasah. Di halaman madrasah juga berbaris rapi beberapa barisan, diantaranya para asatidz dan asatidzah, santri putra, grup hadroh Munsyiduna, mars putri dan duta madrasah yang mendampingi Kepala MTs Zaha, Abuya KH. Moh. Hasan Naufal, S.H.I., M.Pd..

Kehadiran ketua yayasan dengan mengendarai mobil golf pribadinya langsung disambut lagu Thola’al Badru yang dinyanyikan oleh grup hadroh Munsyiduna. Kepala MTs Zaha bersama duta madrasah, para pimpinan dan dewan asatidz langsung menyambut beliau dan bersalaman dengan sang guru besar.

Rapat evaluasi yang dibuka oleh kepala Biro Pendidikan tersebut beragendakan penyampaian laporan program dan inovasi serta kendala oleh MTs Zaha. Kepala Biro Pendidikan memohon kepada segenap kepala madrasah untuk melakukan presentasi dengan jelas singkat dan padat.

Laporan MTs Zaha disampaikan oleh Kepala MTs Zaha Abuya KH. Moh Hasan Naufal, S.HI., M.Pd.  Dalam kesempatan tersebut kepala madrasah yang juga adik dari Kiai Mutawakkil memaparkan semua hal yang berkaitan dengan keadaan MTs Zaha saat ini. Baik berupa prestasi , program, sarana prasarana, kurikulum, dan kesiswaan. Bahkan beliau juga menyampaikan kendala-kendala yang dihadapi oleh MTs Zaha saat ini.

Pengarahan ketua yayasan menjadi acara pamungkas rapat evaluasi . Beliau menekankan kepada para asatidz untuk bersyukur dan berbahagia karena Allah telah menakdirkan para asatidz bisa menjadi keluarga besar MTs Zainul Hasan Genggong dikarenakan lembaga ini merupakan lembaga yang didirikan langsung oleh KH. Hasan Saifourridzall.

“Jarang ada sekolah seperti ini (MTs Zaha,red), maka berbahagialah anda yang mengabdi di sini, karena silsilah sanad keilmuannya jelas kepada wali Kutub, yaitu mbah wali Kyai Hasan Sepuh. Tata niat anda dan perbaiki kinerja anda”. Tutur beliau.

Sejauh ini, lanjut kiai Mutawakkil, MTs. Zaha dalam perjalanannya dinilai mengalami perkembangan yang sangat pesat, baik dari prestasi maupun pengembangan sarana. “saya akui memang sangat banyak prestasi dan inovasi yang dilakukan oleh lembaga MTs. Saya juga ucapkan terima kasih kepada seluruh pimpinan dan para guru yang telah ikhlas melayani putra-putri ummat”. Lanjut beliau.

Beliau juga menyampaikan bahwa para asatidz harus mengedepankan kepentingan madrasah atau pesantren dikarenakan pesantren ini merupakan tempat yang banyak barokahnya.

“tidak usah repot memikirkan kepentingan dunia, karena insya Allah akan mengatur anda ke arah yang baik selama anda membantu madrasahnya Kyai Sepuh” tegas beliau

Sebelum doa, ketua yayasan memberikan penghargaan kepada beberapa guru prestasi yang berhasil mengantarkan santri MTs. Zaha meraih prestasi tingkat Jawa Timur. Dan kunjungan beliau diakhiri dengan beramahtamah di kantor madrasah dengan menikmati nasi polo’an khas MTs Zaha. bersama para asatidz.