Pertama Kali Ikut, Raih Juara Umum Lomba Tradisional di Pasuruan

Jiwa pantang menyerah santri Madrasah Tsanawiay Zainul Hasan (MTs. Zaha)  Genggong dalam mengukir prestasi tak pernah pudar.  Hal ini ditunjukkan dengan diraihnya juara umum pada ajang Festival Dolanan Yok! 2019 pada Ahad (27/01/2018) di Pondok Pesantren Modern Bayt Al Hikmah Kota Pasuruan.

Festival Dolanan Yok! 2019 ini diikuti oleh peserta usia sekolah, mulai SD, SMP dan Santri tahun perwakilan beberapa sekolah dan pesantren se-Jawa Timur. Pada kesempatan ini perwakilan dari Madrasah Tsanawiyah Zainul Hasan 1 (MTs. Zaha 1) Genggong berhasil membawa pulang 4 tropi juara, yaitu Juara 1 fotografi diraih oleh Reva Surya Ngasri Kinalita, Dicky Mirqotul Ulum dan Syarif Hidayatullah sebagai Juara 1 carving buah. Selanjutnya juara 2 lomba engrang diraih oleh Moh. Rangga dan Ahmad Muzaki serta juara 3 lomba layangan indah diraih oleh tim yang dikomandoi oleh Bayu Raditya bersama anggotanya Haekal Galael dan Moh. Reza

Acara pengumuman hadiah yang dimulai jam 12.00 WIB ini diawali oleh sambutan yang disampaikan oleh wakil Ketua Yayasan Bayt Al Hikmah, Widad Bariroh. Dalam sambutannya beliau menyatakan bahwa pihaknya sengaja menggelar Festival Dolanan Yok! 2019 ini sebagai upaya untuk melestarikan permainan tradisional agar tidak punah di tengah banjir gagdet dan permainan digital.

“Ini sudah yang ketiga kalinya digelar, dan akan terus kami pertahankan untuk selalu digelar di setiap tahunnya. Harapannya melalui kegiatan ini kami ingin mengajak para siswa dan anak-anak muda sekarang agar mengurangi ketergantungan pada gadget dan permainan on line” ungkapnya.

Dalam acara penutupan yang berlangsung pada Ahad siang itu dihadiri langsung oleh Plt Wali Kota Pasuruan, Raharto Teno Prasetyo, Ketua DPRD Kota Pasuruan, Ismail Marzuki, dan Bupati Pasuruan, Gus Irsyad Yusuf.

Ustad Restu Singgih, pembina dari MTs Zaha menyatakan bahwa pihaknya awalnya berniat hanya untuk memeriahkan, namun saking semangatnya para santri dapat juara. “Alhamdulillah, tidak menyangka jadi juara umum. Para santri senang banget, acaranyapun  fun sekali. Namanya permainan, tak jarang santri kita yang jatuh bangun mencoba bangkit mengejar peserta lain dengan engrangnya”. Ujarnya sambil terkekeh.

Hal senada juga disampaikan oleh Reva Surya Ngasri Kinalita, santri kelas IX yang meraih juara 1 cabang lomba fotografi ini menyatakan bahwa para peserta banyak berasal dari sekolah yang bonafit hingga kalangan umum dengan kamera yang lebih bagus. Namun hal tersebut tidak menyurutkan semangatnya mengharumkan MTs Zaha. “Memang banyak yang kameranya lebih bagus dan membuat saya sedikit kurang percaya diri. Tapi berbekal beberapa teknik yang diajari oleh pembimbing, Alhamdulillah bisa juara,” Ujarnya.