Kepala Madrasah Tinjau Pelaksanaan Try Out UNBK

Kepala Madrasah, KH. Moh. Hasan Naufal (berdiri) saat Melihat Proses Try Out UNBK

Genggong-  Madrasah Tsanawiyah Zainul Hasan (MTs. Zaha) Genggong mengadakan Try Out Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) sejak kemarin Senin (29/1). Bertempat di gedung putra, semua santri kelas IX mengikuti kegiatan ini dengan tertip dan bergantian sesuai dengan sesinya masing-masing.

Kepala Madrasah, KH. Moh. Hasan Naufal turut hadir ke ruang try out untuk mengetahui proses pelaksanaan try out serta sejauh mana persiapan madrasah untuk menghadapi ujian nasional nanti. Beliau hadir usai acara pelantikan pelopor kedisiplinan di gedung putri.

Dalam pengamatannya saat proses try out, beliau meminta agar pada pelaksanaan unbk nanti semuanya sudah siap, baik dari peserta maupun dari perlengkapan. “Para santri harus terus dibimbing, mulai dari materi sampai pengoperasian saat mengerjakan. Jika ada laptop yang error segera dipastikan agar nanti tidak terjadi error”, tuturnya.

Menurrut ustadz Rudy Hamzah, salah satu proktor di MTs. Zaha bahwa dalam pelaksanaan try out unbk pertama kali ini memang ada beberapa kendala. Salah satunya ada laptop yang tiba-tiba mati. Selain itu ruangan juga menjadi ramai karena anak-anak banyak yang bertanya cara login dan pengerjaanya.

“Memang di hari pertama dan yang pertama kali ini kita banyak memberikan pengarahan kepada santri terutama tata cara pengoperasian, di hari-hari berikutnya sudah lebih kondusif lagi. Termasuk laptop yang error nanti akan diperbaiki. Intinya sementara ini semua masalah teratasi dan try out berjalan dengan lancer”, ujar Ustadz Rudy.

MTs. Zaha Genggong melakukan try out dengan 5 server pc dan 100 client yang kesemuanya berupa laptop. Para peserta dibagi menjadi 3 sesi, yakni sesi pertama dimulai pukul 07.30, dilanjut sesi kedua pukul 10.30 dan terakhir sesi ketiga dimulai dari pukul 14.00. Try out akan dilaksanakan hingga Kamis (1/2) mendatang. (Pin)