Bawa Pulang 2 Juara pada Ajang KSM Tingkat Kabupaten

Foto para juara bersama guru pendamping sesaat setelah pemberian hadiah di MTs.N Pajarakan
Foto para juara bersama guru pendamping sesaat setelah pemberian hadiah di MTs.N Pajarakan

Genggong-  Semangat santri dalam mengukir prestasi semakin terbukti. Hal ini ditunjukan dengan diraihnya kembali Juara Kompetisi Sains Madrasah (KSM) tingkat Kelompok Kerja Madrasah (KKM) Kabupaten Probolinggo. Kegiatan ini dilaksanakan Kemarin Sabtu (27/3) di MTs. Negeri Pajarakan Kabupaten Probolinggo.

KSM tingkat kabupaten ini diikuti oleh peserta perwakilan dari 4 KKM se kabupaten Probolinggo yang menjadi juara pada tingkat sebelumnya. diantaranya KKM. MTs. Nurul Jadid, KKM. MTs.N Karanganyar, KKM MTs.N Pajarakan, dan KKM MTs. Zainul Hasan Genggong. Sedangkan mata pelajaran yang dilombakan tetap sama seperti pada tingkat sebelumnya, yakni Matematik, Biologi, Fisika, Bahasa Inggris, PAI, dan IPS.

Pada kesempatan ini perwakilan dari Madrasah Tsanawiyah Zainul Hasan 1 (MTs. Zaha 1) Genggong berhasil membawa pulang 2 juara, yaitu Juara 2 mata pelajaran biologi diraih oleh Intan Balqis Humairoh dan Husnawati sebagai Juara 1 mata pelajaran PAI.

Namun menurut Ustad Hazbullah Rohman, capaian ini dinilai masih kurang maksimal, karena dari 6 peserta yang mewakili hanya ada 2 santri saja yang keluar jadi juara. “Kami akui masih gagal untuk kembali menyapu bersih seluruh juara. Ini termasuk keteledoran kami. Tapi hal ini akan kami jadikan bahan evaluasi untuk berbenah lagi agar nanti bisa lebih banyak yang menjadi juara”. Ujarnya.

Hal senada juga disampaikan oleh Jinani Firdausi As’ad, santri kelas VIII G yang mewakili mata pelajaran Matematika pada KSM ini menyatakan bahwa saat itu konsentrasinya sangat kurang. Santri yang langganan juara ini juga mengaku bahwa konsentrasinya sedang terpecah oleh Ujian Tengah Semester (UTS), ya memang waktu itu berbarengan dengan UTS. “Saya mohon maaf jika kali ini gagal, Insya Allah jika ada lomba lagi saya akan berusaha lebih maksimal dan menjadi juara lagi” Ujarnya.

Sesuai dengan peraturan yang baru, bahwa mata pelajaran MIPA (Matematika, Biologi, dan Fisika) akan diadu lagi pada bulan Juni mendatang untuk penentuan juara yang akan mewakili di tingkat provinsi, sedangkan yang mata pelajaran Bahasa Inggris, PAI, dan IPS hanya cukup di tingkat kabupaten saja. (Fin)

Telegram
Facebook
Twitter
WhatsApp
Print

Tinggalkan Balasan