Kasi Pendma: MTs. Zaha adalah Madrasah Komplet

Pengawas Madrasah dari Kantor Kementerian Agama Kabupaten Probolinggo mengadakan kunjungan ke Madrasah Tsanawiyah Zainul Hasan (MTs. Zaha) Genggong pada Kamis (18/11) pagi. Kunjungan tersebut dalam rangka pelaksanaan Penilaian Kinerja Kepala Madrasah (PKKM) di MTs. Zaha Genggong.

Pengawas madrasah wilayah Kecamatan Pajarakan Ibu Siti Aminah, S.Ag., M.M., dan Bapak Solehuddin, S.Ag., M.Pd., hadir didampingi Kasi Pendma Kankemenag Kabupaten Probolinggo, Dr. Didik Heriadi, S.Ag., M.Pd. Kehadiran merekapun disambut hangat oleh kepala madrasah dan para pimpinan di Aula Tabaarakallah MTs. Zaha Genggong.

Sebelum penilaian berlangsung, acara diawali dengan seremonial pembukaan yang dipandu oleh Ustadz Teguh Firmansyah, M.Pd. Acara kemudian dilanjutkan dengan pembacaan Ayat Suci Al Quran dan menyanyikan lagu Indonesia Raya.

Setelah itu, acara dilanjutkan dengan sambutan Kepala MTs. Zaha Genggong, KH. Moh. Hasan Naufal, S.H.I., M.Pd. Dalam sambutannya, beliau memaparkan profil dan perkembangan madrasah hingga prestasi-prestasi yang diraih oleh santri MTs. Zaha.

Selepas sambutan dari kepala madrasah, acara dilanjut dengan pengarahan dari Kasi Pendma, Dr. Didik Heriadi, S.Ag., M.Pd. Dalam pengarahannya, beliau memberikan pujian terhadap MTs. Zaha. “Saya rasa, MTs. Zaha ini merupakan salah satu madrasah yang hampir paripurna dari segala aspek. Karena tidak hanya menyampaikan ilmu pengetahuan, tapi juga menanamkan skill dan moral terhadap anak didik.” Tuturnya.

Acara dilanjut dengan penilaian terhadap kepala madrasah. Ada empat aspek yang dinilai, di antaranya pengembangan madrasah, manajerial, kewirausahaan, dan supervisi. Teknis penilaian sendiri dilakukan dengan wawancara terhadap kepala madrasah dan pimpinan serta pengecekan data pada tiap aspek. Usai penilaian selesai, tim penilai memberikan refleksi terhadap kegiatan tersebut.Gus/Ry