• Home »
  • Umum »
  • Akhiri Pendidikan, Santri Kelas Akhir MTs Zaha Berikan Kesan Mendalam

Akhiri Pendidikan, Santri Kelas Akhir MTs Zaha Berikan Kesan Mendalam

MTs. Zainul Hasan Genggong (MTs. Zaha) menggelar kegiatan selamatan dan tasyakuran akhirussanah bagi santri semester enam (kelas IX). Kegiatan tahunan dengan menerapkan protokol kesehatan ini berlangsung pada Senin (29/3) di GOR Damanhuri Romli dengan dihadiri oleh seluruh santri semester enam, pimpinan, para asatid dan biro pendidikan, Ustad Dr. Abdul Aziz Wahab, M.Ag..

Dimulai pukul 09.00 WIB, kegiatan diawali dengan pembacaan ummul kitab oleh santri semester 4, Muhammad Ashgar Kandias dan dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya.

Setelah itu, Munawwaroh menjadi perwakilan semester 6 untuk memberi pesan dan kesan terakhir kepada asatid. Dalam sambutannya, mantan Duta Madrasah ini menyampaikan terima kasih kepada seluruh asatidz asatidzah dan kepala madrasah. “Terima kasih saya ucapkan kepada seluruh asatidz asatidzah khususnya Abuya yang telah membimbing kami dari tidak bisa menjadi bisa.” Ucapnya.

Setelah pesan dan kesan dari santri, acara dilanjutkan dengan pembagian hadiah bagi tiga santri yang mendapat nilai evaluasi madrasah tertinggi. Ketiga santri tersebut adalah Ghinan Nafsi, Rosa Firdausiah, dan Yasmita Dwi Amelia masing-masing peringkat pertama, kedua, dan ketiga. Hadiah dibagikan oleh Biro Pendidikan yang didampingi oleh kepala madrasah.

Selepas pembagian hadiah, kepala madrasah, KH. Moh. Hasan Naufal, S.H.I., M.Pd. memberi sambutan. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan selamat kepada santri semester enam. ” Terima kasih, kalian sudah sabar, ulet dalam menghadapai berbagai cobaan selama belajar di MTs. Zaha ini, baik yang tiga tahun maupun yang dua tahun. Semoga ilmu yang kalian dapatkan bermanfaat dan barokah,” dawuh beliau.

Acara dilanjutkan dengan pentas seni. Pada sesi ini, para santri baik putra maupun putri berkesempatan unjuk kebolehan. Mulai dari menyanyi, musikalisasi puisi, teater, sampai tari samman. Seperti yang diperagakan santri putra dalam teater berjudul “Syekh Siti Jenar”. Akting kocak Dofir dkk mengundang decak kagum dan tawa para hadirin.

Berbeda dengan putra, santri putri menampilkan tiga seni yang dikemas dalam satu penampilan, di antaranya menyanyi, musikalisasi puisi, dan tari samman.

Tidak hanya santri, kepala madrasah pun juga ikut memberikan penampilan. Beliau menyanyikan lagu “Sempurna” dari Andra n The Backbone.

Acara ditutup dengan pembacaan sholawat nabi dan doa yang dipimpin langsung oleh kepala madrasah dan diiringi grup hadroh Munsyiduna. Gus/Ry