Outing Class MTs. Zainul Hasan Membawa Ilmu Baru

Ilmu yang dipraktikkan akan menjadi kuat melekat di otak. Mungkin inilah istilah yang tepat untuk menggambarkan kegiatan santri semester akhir Msdrasah Tsanawiyah Zainul Hasan Genggong (MTs. Zaha) program Cerdas Istimewa (CI). Sudah menjadi agenda rutin setiap tahun bagi santri CI melaksanakan Outing class. Outing class kali ini pada pembelajaran mata pelajaran IPA tentang perkembangbiakan hewan di Wisata Bahari Lamongan (WBL) dan Maharani zoo & Goa. Kegiatan yang dilaksanakan kemarin (2/11) ini berangkat jam 00.00 WIB dini hari didampingi oleh ketua program SKS, Pendamping Akademik dan guru IPA.


Peserta outing class tersebut diikuti 25 santri dari CI putra dan putri.
Sebelum ke lokasi outing class rombongan masih berziarah ke wisata religi Asmoroqondi. Kegiatan tersebut diisi dengan pembacaan Yasin dan tahlil serta do’a bersama sekaligus melaksanakan sholat shubuh berjamaah.
Tujuan pertama para santri memasuki Maharani Zoo dan Goa untuk untuk mengidentifikasi dan menemukan hewan untuk menganalisis perkembangbiakannya serta menuliskan nama ilmiahnya. Para santri sangat antusias dan semangat dalam kegiatan outing class ini karena secara langsung melihat hewannya. Selain itu para santri juga mrnemukan beberapa hewan Albino, hewan yg tidak memiliki pigmen warna dalam tubuhnya sehingga tubuh hewan tersebut berwarna putih.


Selama kegiatan observasi berbagai macam jenis-jenis hewan para santri juga diberikan Lembar Kerja (LK) Sistem Perkembangbiakan Hewan yg disediakan oleh pengampu IPA yaitu Ustadz Sholeh Nura Aditama, S.Si. LK ini sebagai media dalam pembelajaran outing class. Di lokasi ini juga para santri juga memasuki museum satwa yang didalamnya terdapat kerangka asli paus bongkok, paus biru, kerangka tiruan dari hewan mammoth, brontosaurus dan pterosaurus.


Di Maharani zoo juga para santri mencoba terapi ikan yg juga menjadi salah satu fasilitas di yang begitu banyak manfaatnya. Para santri juga masuk Goa Maharani untuk mengamati jenis bebatuan. Usai di Maharani Zoo & Goa dilanjutkan ke WBL. Di WBL para santri menikmati berbagai macam wahana permainan Dan mereka sangat semangat dan gembira. Selain itu, mereka mengamati berbagai macam jenis serangga dan kerang-kerang yg dimuseumkan di WBL.


Ketua SKS, ustadz Hazbullah Rohman,S.Pd. mengatakan bahwa kegiatan ini sangat penting untuk perkembangan kecerdasan anak dikarenakan anak mengamati langsung materi yang disampaikan sebelumnya di madrasah.


“Ini sangat penting bagi tumbuh kembang otak anak. Mereka sekarang Learning by doing, yang membuat mereka melihat langsung realitas materi yang disampaikan di madrasah”. Tutur ustadz yang cukup kocak ini.
Setelah selesai menjajal wahana di WBL, para santri langsung bertolak ke pesantren. (Tgh/Ry)