Kasi Pendma Kabupaten Probolinggo Hadiri Polo’an Akbar MTs. Zaha

Genggong- Puncak kegiatan Profatan (Program Menghafal dan Mengkhatamkan Al-Qur’an) yang digagas oleh Madrasah Tsanawiyah Zainul Hasan (MTs. Zaha) Genggong tak hanya dilakukan dengan tasyakuran. Tapi juga diwarnai kembali dengan kegiatan Polo’an Akbar. Kegiatan ini sebagai acara pemungkas usai pembacaan doa khotmil Qur’an kemarin (6/10/2018). Tampak dalam kegiatan tersebut Kepala MTs. Zaha, Abuya KH. Moh. Hasan Naufal, S.H.I juga segenap wakil kepala madrasah dan asatidz-asatidzah serta para santri. Selain itu, hadir pula tamu kehormatan, yakni Kasi Pendma Kemenag Kabupaten Probolinggo, Dr. H. Didik Heriadi, S.Ag, M.Pd., juga para anak yatim se kabupaten Probolinggo penerima santunan.

Kegiatan tersebut diawali dengan membaca Al Quran juz terakhir secara bersama-sama. Semua santri tampak khidmat dan khusyuk mengikuti lantunan ayat-ayat suci yang dibacakan dengan dipandu oleh beberapa santri.

Setelah khatam Al Quran, acara dilanjutkan dengan pemberian santunan kepada para anak yatim yang sengaja diundang dari beberapa kecamatan di Kabupaten Probolinggo. Santunan tersebut merupakan hasil shodaqoh yang dikumpulkan oleh para santri dan asatidz pada program Yaumus Shodaqoh yang dikumpulkan setiap hari Kamis.

Santunan kali ini merupakan santunan kali kelima yang dilakukan oleh MTs. Zaha Genggong. Program ini menurut Abuya, sapaan kepala madrasah akan terus dijalankan. “Dana yang digunakan untuk santunan ini adalah murni hasil shodaqoh dari santri dan para asatidz yang dilakukan setiap hari kamis. Kita mengambil hari ini untuk melakukan kegiatan ini karena merupakan bulan istimewa, yakni bertepatan bulan Muharram”. Ujarnya.

Beliau juga menuturkan bahwa santunan tersebut juga merupakan tasyakkuran atas khataman Al Quran.”Alhamdulillah santunan dan Polo’an ini merupakan bentuk tasyakkuran dan selamatan kita warga MTs Zaha yang telah mengkhatamkan Al Quran 2000 kali dalam setahun”, ucap beliau dalam sambutannya.

Sedangkan Kasi Pendma Kemenag Kabupaten Probolinggo Bapak Dr. H. Didik Heriadi, S.Ag, M.Pd yang juga memberikan santunan dari saku pribadinya menyampaikan apresiasi yang sangat tinggi kepada MTs Zaha atas program-program dan pendidikan akhlakul karimah serta peduli sesama.

“Saya sangat salut kepada MTs Zainul Hasan Genggong yang telah memberikan pendidikan karakter mulia kepada para santri. Indonesia tidak butuh orang pintar, tetapi Indonesia butuh orang benar seperti kalian. Belum ada madrasah se Indonesia, bahkan sedunia yang melakukan kegiatan polo’an seperti ini. Hanya ada di MTs Zaha” ujarnya disambut tepuk tangan para santri.

Di akhir acara, para santri berjejer rapi berhadap-hadapan membentuk barisan yang masing-masing di depannya tersaji makanan dengan beralaskan plastik dan daun pisang. Makanan ini sengaja disiapkan oleh pihak madrasah untuk dimakan bersama. Sebagian juga santri membawa makanan dari rumah.

Salah satu wali dari anak yatim penerima santunan berterus terang bahwa dirinya merasa terkesan dengan kegiatan ini. Ia juga mengaku belum pernah melakukan dan mengikuti kegiatan seperti ini sebelumnya. “Ini baru pertama saya merasakan makan bersama yang sangat berkesan seperti ini. Makan bersama para santri, guru dan semuanya di satu tempat, pokoknya seru sekali”, ujar Asmawati.