Calon Santri Ikuti Seleksi PPDB Gelombang I

Salah satu calon santri MTs. Zaha Genggong saat mengerjakan soal tes penerimaan santri baru gelombang I (6/5/2018).

Genggong- Calon santri baru Madrasah Tsanawiyah Zainul Hasan 1 (MTs. Zaha 1) Genggong kecamatan Pajarakan kabupaten Probolinggo mengikuti tes penerimaan peserta didik baru kemarin, Ahad (6/5/2018). Tes yang berlangsung di gedung MTs. Zaha putra ini merupakan tes seleksi untuk pendaftar gelombang 1.

Sesuai data panitia, ada 64 calon santri putra dan 83 calon santri putri yang mengikuti tes ini. Jumlah ini lebih sedikit daripada jumlah pendaftar yang mencapai 73 putra dan 103 putri.  Mereka terbagi menjadi 3 ruang putra dan 4 ruang putri. Sedangkan materi tes yang diujikan adalah materi Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, PAI, tulis arab, dan baca Al-Qur’an.

Ustadz Abd. Wafi Haris, ketua panitia PPDB mengatakan bahwa beberapa calon santri yang tidak mengikuti tes gelombang 1 setelah dikonfirmasi ternyata berhalangan untuk hadir. “Kebanyakan dari mereka izin sebab ada kepentingan yang tidak bisa ditinggalkan, baik pribadi maupun kepentingan dari sekolah  asalnya. Namun sudah memastikan untuk ikut tes gelombang II. Kami panitia memaklumi hal itu”, ujar ustadz yang juga menjabat wakamad kesiswaan ini.

Tes ini, lanjut ustadz Wafi, merupakan rangkaian tes yang harus diikuti oleh semua santri baru untuk menentukan program yang akan ditempuh selama belajar di MTs. Zaha. Seperti yang diketahui bahwa terdapat empat program yang diterapkan, yakni program PDCI, Fullday Agama, Fullday Umum, dan Reguler. “Jadi tes ini bukan untuk menentukan diterima atau tidaknya di MTs. Zaha, tapi untuk menentukan program yang pas untuk santri baru. Sebab, mereka yang sudah mendaftar disini sudah pasti diterima”, jelas ustadz Wafi.

Tes Baca Al-Qur’an yang diuji oleh ustadz Syamsuddin Al-Hafidz.

Hal tersebut juga disampaikan oleh penanggung jawab bagian seleksi, Ustadz Hazbullah Rohman. Bahwa untuk mengetahui minat santri terhadap program yang ada, panitia juga sudah memberikan pilihan program di lembar jawaban tes. Pilihan tersebut nantinya akan dipadukan dengan hasil tes. “Jika hasil tes memenuhi sesuai dengan program yang sudah dipilih maka santri tersebut akan direkomendasikan untuk masuk program itu. Namun sebaliknya, jika tidak memenuhi maka kita rekomendasikan untuk masuk program lainnya. Hal ini bertujuan supaya nanti tidak menghambat proses pembelajaran”, jelasnya.

untuk hasil tes akan diumumkan pada hari Selasa tanggal 8 Mei (besok). Pengumuman hasil tes akan diumumkan melalui website madrasah www.mtszaha1.sch.id yang dapat dilihat mulai pukul 09.00 WIB.

Sementara itu, MTs. Zaha Genggong masih membuka pendaftaran santri baru untuk gelombang II hingga 27 Juni mendatang, serta akan melaksanakan Tes IQ untuk semua santri baru baik gelombang  I maupun gelombang II pada tanggal 30 Juni mendatang. (Tgh/Pin)