Persiapkan Program PDCI, MTs. Zaha Berkunjung ke MTs Negeri Lumajang

Seremonial dalam acara study banding PDCI MTs. Zaha Genggong di MTs. Negeri Lumajang

Genggong- Madrasah Tsanawiyah Zainul Hasan (MTs. Zaha) Genggong kecamatan Pajarakan kabupaten Probolinggo melakukan kunjungan ke MTs. Negeri Lumajang kemarin Jumat (7/4). Kunjungan yang diikuti oleh pimpinan dan tim PDCI MTs. Zaha ini bertujuan untuk memantapkan langkah MTs. Zaha untuk merealisasikan program Peserta Didik Cerdas Istimewa (PDCI) yang akan dimulai pada tahun pelajaran baru nanti.

MTs. Negeri Lumajang dipilih sebagai tempat berkunjung dikarenakan madrasah tersebut merupakan madrasah yang telah membuka program PDCI selama 2 tahun. Disamping itu, Sekretaris Kurikulum Kanwil Jawa Timur juga merekomendasikan untuk berkunjung ke MTs. Negeri Lumajang. “Bapak Syahrir, selaku sekretaris bagian kurikulum merekomendasikan kepada kami untuk segera melakukan study banding ke MTs. Negeri Lumajang. Disana termasuk madrasah yang sukses menjalankan program PDCI”, ujar Ustadz Teguh Firmansyah, Wakamad Humas MTs. Zaha.

Rombongan yang berjumlah 12 orang tiba di Lumajang  jam 9.30 dan langsung beramah tamah di aula MTs. Negeri Lumajang  yang diterima langsung oleh Bapak H. Jamaluddin, M.Pd, Kepala Madrasah dan didampingi para wakil kepala madrasah. Di aula ini pula acara seremonial dan pembahasan maksud serta tujuan digelar.

Diawali oleh KH. Moh. Hasan Naufal, kepala MTs. Zaha Genggong yang mengutarakan tujuannya datang bersama rombongan ke MTs. Negeri Lumajang. “Yang pertama kami ingin menjalin silaturrahim dan kedua ingin melihat dan meniru proses pengelolaan madrasah dan pembelajaran berbasis SKS by School sehingga bisa memberikan layanan kepada siswa Cerdas Istimewa dengan program PDCI”. Tuturnya.

Acara dilanjutkan dengan sambutan Kepala MTs. Negeri Lumajang, Bapak H. Jamaluddin, M.Pd. Ustadz Jamal (sapaan akrabnya) menyampaikan terima kasih setinggi-tingginya atas kehadiran dan kesediaan rombongan MTs Zaha Genggong telah menjadikan MTsN Lumajang  sebagai sarana percontohan.

“Kami menyampaikan terima kasih setinggi-tingginya kepada MTs Zaha Genggong yang telah menyempatkan hadir ke madrasah kami dan menjadikan madrasah kecil ini sebagai mitra dalam menjalankan program PDCI ”. Ungkapnya.

Usai sambutan masing-masing kepala madrasah, acara dilanjut dengan presentasi waka kurikulum MTs.N Lumajang, ibu Vivin yang juga termasuk ketua PDCI madrasah setempat. Ia memaparkan banyak tentang tahapan-tahapan dalam menjalankan program PDCI, mulai dari proses seleksi, pembelajaran, hingga penanganan terhadap siswa yang memiliki kecerdasan istimewa ini. “tidak sulit menjalankan program ini, yang penting ada keinginan dan kemauan besar, kita bisa menjalankannya”, pungkasnya.

Acara ditutup dengan pemberian cinderamata oleh MTs. Zaha Genggong. Sebelum pulang rombongan diberi kesempatan berkunjung ke kelas PDCI yang berjumlah dua rombel untuk melihat langsung proses pembelajaran dan sarana prasarana di kelas PDCI. (Tgh/Fin)

Pemberian cinderamata oleh KH. Moh. Hasan Naufal kepada bapak Jamaluddin, Kepala MTs. Negeri Lumajang
Telegram
Facebook
Twitter
WhatsApp
Print

Tinggalkan Balasan