Kelulusan Diumumkan Melalui Website Madrasah, Begini Langkah Lihatnya

Genggong- Madrasah Tsanawiyah Zainul Hasan (MTs. Zaha) Genggong akan mengumumkan kelulusan peserta didiknya pada Rabu esok (29/5/2019). Jadwal tersebut sebagaimana jadwal pengumuman kelulusan untuk jenjang SMP/MTs yang tertuang dalam POS Ujian Nasional tahun pelajaran 2018-2019.

Tak seperti tahun sebelumnya, untuk tahun ini pihak madrasah akan mengumumkan kelulusan melalui website madrasah. Hal ini dilakukan guna memberikan pelayanan terbaik untuk para santri (siswa) dan  wali santri. Sebab, pengumuman kelulusan tahun ini bersamaan dengan libur Ramadhan sehingga semua santri sudah pulang ke rumah masing-masing. Hal tersebut menjadi sedikit kendala untuk menghadirkan santri ke madrasah mengingat banyaknya santri yang berasal dari luar kota maupun luar Jawa.

“Jadi  kalau melalui website santri tidak perlu datang ke madrasah dan wali santri juga tidak perlu repot mengantarkan putra dan putrinya ke madrasah. Selain itu, juga dapat mencegah para santri untuk melakukan hal-hal yang tidak dinginkan pascapengumuman. Ya meskipun di tahun-tahun sebelumnya juga tidak pernah terjadi santri kami melakukan hal yang tidak bermanfaat seperti konvoi dan sebagainya,” ujar KH. Moh. Hasan Naufal, kepala madrasah yang akrab disapa Nun Boy ini.

Selain itu, lanjut Nun Boy, pengumuman kelulusan melalui website ini termasuk inovasi terbaru dari madrasah. Sehingga santri yang berasal dari luar kabupaten maupun luar pulau Jawa yang saat ini menikmati liburan di rumah masing-masing tidak perlu datang ke madrasah. “Jadi pengumuman kelulusan bisa diakses di rumah masing-masing dengan menggunakan perangkat PC, laptop, HP  maupun perangkat lain yang terhubung ke internet,” jelasnya.

Oleh Karena itu ada beberapa hal yang perlu diketahui oleh santri maupun wali santri yang hendak melihat hasil pengumumannya melalui website. Sebab, pihak madrasah tidak mengumumkan secara keseluruhan. Artinya, pengumuman kelulusan ini hanya dapat dilihat oleh yang bersangkutan saja dengan menggunakan nomor peserta yang digunakan untuk login saat ujian nasional berbasis komputer (UNBK) beberapa waktu lalu.

Untuk langkah-langkahnya, santri terlebih dahulu menyiapkan kartu peserta yang digunakan untuk login UNBK, lalu masuk ke website madrasah yang memuat pengumuman kelulusan di www.pengumuman.mtszaha1.sch.id. Setelah itu masukkan username dan password seperti yang tertera di kartu peserta UNBK lalu klik cek data.

Setelah cek data tersebut diklik, maka akan tampil data pribadi mulai dari nama, tempat tanggal lahir, status kelulusan hingga nilai UN yang diperoleh. Disini harus dipastikan data yang muncul adalah benar dan merupakan data milik sendiri.

Terkait dengan hasil kelulusan, pihak madrasah telah menggelar rapat bersama para pimpinan dan dewan asatidz-asatidzah dan memutuskan hasil kelulusan dari masing-masing santri pada Selasa (28/5/2019) pagi tadi.

“Hasilnya sudah rampung. Insya Allah Rabu besok pengumuman kelulusan dapat diakses mulai pukul 10.00 WIB. Jadi Lulus atau tidak lulus, memperoleh nilai baik atau buruk, atau apapun hasilnya itu semua merupakan yang terbaik. Apapun hasilnya harus diterima dengan lapang dada,” pesan kepala madrasah.

———————-
Petunjuk Singkat Melihat Hasil Pengumuman:
1. Masuk ke halaman website http://www.pengumuman.mtszaha1.sch.id
2. Setelah masuk ke halaman pengumuman, masukkan Username dan Password sesuai dengan yang tertera pada kartu peserta UNBK.
3. Lalu Klik CEK DATA untuk melihat hasil kelulusan.
4. Pastikan data yang muncul adalah data pribadi/milik diri sendiri.
5. Pastikan selalu bersyukur atas hasil yang sesuai harapan dan tabah jika hasil tidak sesuai keinginan.

NB. Jika lupa username dan password atau kartu hilang hubungi melalui WA/Telegram 085204567372 dengan menyertakan Nama Lengkap, Tempat Tanggal Lahir, dan Nama Orang Tua.