Tentukan Pilihan Program, Santri Baru Ikuti Tes IQ

Serius: Santri Baru MTs. Zaha Genggong Saat Mengikuti Tes IQ.

Genggong- Seluruh santri baru Madrasah Tsanawiyah Zainul Hasan (MTs. Zaha) Genggong mengikuti tes Intelligence Quotient (IQ) kemarin Senin (16/7). Tes ini merupakan rangkaian yang harus diikuti oleh semua santri baru untuk mengukur IQ yang dimiliki. Sebab, nantinya bagi siswa yang memiliki IQ diatas 130 akan direkomendasikan untuk mengikuti program Peserta Didik Cerdas Istimewa atau PDCI.

Dalam pelaksanaan tes IQ yang pertama kali ini MTs. Zaha bekerjasama dengan Universitas Sunan Ampel Surabaya (UINSA). “Kita pilih UINSA atas rekomendasi kanwil kemenag provinsi. Semoga hasilnya maksimal, utamanya santri yang sudah memilih program PDCI,”, ujar ustadz Hazbullah Rohman, ketua program PDCI MTs. Zaha.

Sebab, lanjut ustadz Hazbul, untuk mengetahui minat santri yang ingin masuk ke program PDCI ini sudah diberikan pilihan program untuk dipilih saat mengisi formulir pendaftaran, yakni pada pilihan program PDCI, fullday agama,  fullday umum, ataupun reguler. Namum pilihan tersebut hanya sementara, bisa jadi santri yang memilih program PDCI tidak bisa masuk program PDCI jika IQ tidak mencapai 130. Begitu juga santri yang memilih non PDCI jika hasil tesnya mencapai IQ 130 bisa direkomendasikan untuk mengikuti program PDCI. “Kepastiannya menunggu hasil tes IQ ini. Setidaknya santri yang telah memilih program PDCI ini bisa mencapai IQ 130”, harapnya.

Oleh karena itu, Santri yang mengikuti tes IQ ini terbagi menjadi 10 ruang, yakni 4 ruang untuk santri putra dan 6 ruang untuk santri putri. Seluruhnya bertempat di gedung MTs. Zaha Putra. Sedangkan santri yang memilih program PDCI disediakan ruang 1 untuk santri putra dan ruang 5 untuk santri putri.

Terkait dengan hasil tes IQ ini, pihak UINSA ketika dikonfirmasi kembali melalui telpon mengatakan bahwa nilai akan selesai pada hari Senin mendatang. “kami usahakan tanggal 24 Juli hasilnya dikirim ke MTs. Zaha”, tegasnya.

Sementara itu, pada hari Selasa atau sehari setelah hasil tes diterima, panitia Penerimaan Peserta Didik Baru dan pengelola program PDCI akan mengundang wali santri yang putra dan putrinya memiliki IQ minimal 130 agar hadir ke madrasah untuk wawancara. “Kami akan menghubungi wali santri yang IQ putra atau putrinya mencapai 130 sekaligus akan kami undang untuk wawancara”, ujar ustadz Hazbul. (Fin)

Telegram
Facebook
Twitter
WhatsApp
Print

Tinggalkan Balasan