Sempurnakan Psikologi Pengajaran, MTs Zaha Gelar Pelatihan Nasional…..

Rangkaian memperingati Hari Santri Nasional, Madrasah Tsanawiyah Zainul Hasan Genggong (MTs. Zaha) menggelar Pelatihan Nasional Guru sehari bersama Trainer dari Griya Parenting Indonesia, Ustadz Mohammad Thohir, M.Pd.I, dengan tema “Teaching Management”. Acara yang dilaksanakan kemarin ini (26/10) dihadiri semua guru yang ada di MTs Zaha, para pengurus pesantren serta wakil kepala bagian kesiswaan dari semua lembaga yang tergabung dalam Kelompok Kerja Madrasah MTs Zaha.

Pelatihan di GOR Zainurrahmah ini diawali dengan pembacaan ayat-ayat suci Al Quran dan dilanjutkan dengan sambutan Kepala MTs Zaha, KH. Moh. Hasan Naufal, S.H.I., M.Pd. Dalam sambutannya, beliau mengharapkan para peserta seminar untuk mengikuti dengan sungguh-sungguh dan mencatat semua hal yang penting. “Hari ini Anda akan mendapatkan ilmu yang sangat penting dalam menghantarkan kita menjadi guru yang baik, oleh karena itu, saya mohon kepada semua peserta agar mengikuti acara ini dengan baik dan sampai berakhir” tutur beliau.

Seminar ini dibuka langsung oleh Kepala Seksi Pendidikan Madrasah (Kasi Pendma) Kantor Kementerian Agama Kabupaten Probolinggo, Bapak Dr. H. Didik Heriadi, S. Ag., M.Pd. Dalam sambutannya Kasi Pendma menghimbau, agar para guru yang hadir hari ini dapat mengikuti pelatihan tersebut dengan baik. Karena tidak semua guru  bisa berkesempatan mengundang ahli psikolog yang merupakan trainer.

“Acara hari ini merupakan acara yang sangat istimewa, karena MTs Zaha telah mensukseskan program Kemenag, yaitu Gerakan Membangun Madrasah. Jarang Madrasah yang peduli pada ilmu stake holdernya, utamanya guru. Beruntunglah jenengan yang mengikuti kegiatan seperti ini. Pada hari ini panjenengan akan belajar untuk menjadi guru selangkah lebih maju untuk menghadapi era 4.0 yang begitu cepat sekarang ” ucap Bapak Didik,.

Kasi Pendma ini juga mengatakan bahwa nara sumbernya  merupakan pemateri pelatihan yang sudah berpengalaman, semua guru sangat tersentuh dengan materi yang beliau sampaikan. Maka dari itu manfaatkan kesempatan ini untuk memahami manajemen mengajar sebagai guru.

“Saya berpesan kepada semua guru yang mengikuti Pelatihan ini agar dapat mengambil ilmu yang disampaikan oleh Ustadz Thohir sebanyak-banyaknya.  Setelah ini, ayo tularkan ke semua orang atau guru yang ada di lingkungan kita, mudah-mudahan dapat bermanfaat, karena sebaik-baiknya manusia adalah manusia yang bermanfaat bagi orang lain,” ucapnya.

Pada kesempatan tersebut sebelum menyampaikan materi, Ustadz Mohammad Thohir mengajak para guru yang hadir untuk menerima tantangan bersama, kemudian dilanjutkan dengan menyampaikan materi tentang “Manajemen Hati Guru”.

“Perlu dipahami dalam mendidik anak tidak perlu dengan kekerasan tapi harus dengan pola kecintaan. Semua Anak pada dasarnya Cerdas karena spektrum cerdas itu luas. Maka jangan ada diskriminasi pada anak, karena Tuhan menciptakan manusia dengan kecerdasan masing-masing. Oleh karena itu temukan kecerdasan putra-putri kita,” bebernya.

Ustadz Thohir juga mengatakan, bahwa dalam pendidikan anak-anak juga perlu di berikan waktu untuk bermain. Sebagai guru harus memahami peran yang baik, anak juga punya hak untuk didengar, karena kunci sukses menghadapi anak guru harus kreatif, tanpa kekerasan. Acara yang selesai pada pukul 15.00 WIB itu ditutup dengan doa oleh Kepala MTs Zaha. (tgh/ry)