• Home »
  • Umum »
  • Hari Pertama Diklat, Para Pengurus OSIS Belajar Menulis Dan Asah Kepemimpinan

Hari Pertama Diklat, Para Pengurus OSIS Belajar Menulis Dan Asah Kepemimpinan

Genggong – Guna membekali Pengurus OSIS ( IPNU/IPPNU) dalam menjalankan program-programnya, Madrasah Tsanawiyah Zainul Hasan 1 Genggong menggelar kegiatan Diklat Pengurus OSIS (IPNU/IPPNU) masa khidmat 2019-2020 pada Jumat (27/9). Kegiatan ini berlangsung di dua tempat, yakni OSIS Putri di ruang kelas VII J dan OSIS Putra di ruang kelas VII C. Materi diklat dibagi menjadi dua, yakni pelatihan jurnalistik bagi OSIS Putri dan latihan dasar kepemimpinan bagi OSIS Putra. Selain pengurus OSIS, diklat ini juga diikuti oleh seluruh ketua kelas dan Duta Madrasah.

Di putri, kegiatan jurnalistik dimulai pukul 07.30 WIB dengan menghadirkan pemateri dari Jawa Pos Radar Bromo, Rudianto, S.H. Menurut pemateri yang juga alumnus Pondok Pesantren Zainul Hasan Genggong ini, menulis adalah kegiatan gampang, apalagi menulis berita. Tinggal kita mau nulis berita dari sudut pandang mana.” Jelasnya. Dalam diklat tersebut, para santri diberi pengetahuan tentang apa itu jurnalistik dan bagaimana cara menulis berita yang baik. Selain itu, peserta diklat juga praktik membuat berita. Meskipun acara sampai sore, para peserta diklat tampak antusias mengikuti acara tersebut. Terutama saat praktik membuat berita.

Di akhir acara, Pembina OSIS Putri, Ustad Agus Setiawan memberikan hadiah kepada dua peserta terbaik dalam membuat berita. Dua santri tersebut antara lain Khoirun Nisa’ dan Ghinan Nafsi Manzilatul Hasanah dari kelas VIII H.

Di lain tempat, OSIS Putra mendapat materi tentang Latihan Dasar Kepemimpinan dan pengetahuan tentang Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU). Materi ini disampaikan oleh Ustad Mochammad Hendra, M.Pd.I. selaku pemateri. Menurutnya, seorang pemimpin dimulai dari memimpin diri sendiri. “Jadi, seorang pemimpin harus tahu dan mengerti ilmunya. Jika tidak, maka organisasinya akan hancur.” Tandasnya.

Tidak kalah dengan OSIS Putri, OSIS Putra juga begitu saksama mendengarkan materi yang disampaikan oleh Ustad yang juga dosen di INZAH. Selain mendapat materi tentang kepemimpinan dan IPNU, para peserta (OSIS Putra) juga diberi game yang mengasah kemampuan kepemimpinan dan kerjasama santri.(Ag/Ry)