MTs. Zaha Ukir Sejarah Melalui Polo’an Akbar

Para Santri saat Bersiap Menikmati Makanan pada Acara Polo’an Akbar

Genggong- Puncak kegiatan Profatan (Program Menghafal dan Mengkhatamkan Al-Qur’an) yang digagas oleh Madrasah Tsanawiyah Zainul Hasan (MTs. Zaha) Genggong tak hanya dilakukan dengan tasyakuran. Tapi juga diwarnai dengan kegiatan unik, yakni kegiatan Polo’an Akbar. Kegiatan ini sebagai acara pemungkas usai pembacaan doa khotmil qur’an kemarin (19/10/2017).

Menggunakan kata akbar sebab kegiatan makan bersama ala santri yang berlangsung di halaman MTs. Zaha Genggong itu diikuti oleh semua santri, asatidz dan asatidzah serta anak yatim beserta walinya yang diundang untuk menerima santunan.

Mereka berjejer rapi berhadap-hadapan membentuk barisan yang masing-masing didepannya tersaji makanan dengan beralaskan plastik dan daun pisang. Makanan ini sengaja disiapkan oleh pihak madrasah untuk dimakan bersama. Sebagian juga santri membawa makanan dari rumah.

Salah satu santri MTs. Zaha berterus terang bahwa dirinya merasa terkesan dengan kegiatan ini. Ia juga mengaku belum pernah melakukan dan mengikuti kegiatan seperti ini sebelumnya. “Ini baru pertama saya  merasakan makan bersama yang sangat berkesan seperti ini. Makan bersama teman-teman, guru dan semuanya di satu tempat, pokoknya seru banget”, ujar Samsul, santri kelas VII.

Sementara itu, kepala madrasah KH. Moh. Hasan Naufal mengatakan bahwa kegiatan ini sebagai wujud dari kekompakan warga madrasah, baik itu santri maupun guru. “Kita ini keluarga, keluarga MTs. Zaha. melalui kegiatan ini diharapkan semakin menguatkan kekeluargaan”, tutur kepala madrasah yang akrab dipanggil abuya.

Kepala MTs. Zaha yang juga pengasuh Pesantren Zainul Hasan Genggong ini menegaskan bahwa kegiatan ini baru pertama kali dilakukan oleh MTs. Zaha, bahkan pertama kali dilakukan oleh lembaga dibawah naungan pesantren Zainul Hasan Genggong. “Belum ada madrasah se Genggong, se Indonesia, bahkan se Dunia yang melakukan kegiatan polo’an seperti ini. Kita yang mengawali”, tuturnya.

Kegiatan ini, lanjut abuya, baru dilakukan di putra saja yang pesertanya juga santri putra. Nantinya kegiatan serupa juga akan dilakukan di putri yang pesertanya semua santri putri MTs. Zaha. “Insya Allah nanti akan dilaksanakan pra acara wisuda Amtsilati yang akan dilaksanakan bulan Januari mendatang”, jelasnya. (Pin)