Profatan Khatam, MTs. Zaha Gelar Tasyakuran

Salah Satu Santri saat Memimpin Pembacaan Al-Qur’an pada acara Tasyakuran Profatan

Genggong- Salah satu program baru Madrasah Tsanawiyah Zainul Hasan Genggong, Profatan (program menghafal dan mengkhatamkan Al-Qur’an) sampai pada puncaknya. Kemarin (19/10) para santri dan asatidz menuntaskan khataman sekaligus mengadakan tasyakuran atas tercapainya program mengkhatam Al-Qur’an. Bertempat di halaman kantor MTs. Zaha Putra, para santri, asatidz dan asatidzah serta Kepala madrasah begitu khidmad mengikuti acara tersebut.

Kegiatan yang berlangsung sekitar pukul 08.00 WIB itu diawali dengan menuntaskan sisa bacaan, yakni surat Ad-Dhuha sampai surat An-Nas. Pembacaan Al-Qur’an ini diikuti oleh seluruh warga madrasah yang dipandu oleh beberapa santri didampingi kepala madrasah, Abuya K.H. Moh. Hasan Naufal.

“Alhamdulillah, hari ini kita semua dapat mengkhatamkan Al-Qur’an. Ini adalah hasil mengaji santri bersama asatidz setiap pagi mulai pukul 07.15 WIB sampai dengan pukul 07.30 WIB.” Tutur Ustadz Teguh Firmansyah, selaku wakil kepala madrasah bagian Humas.

Seperti yang diketahui bahwa profatan ini merupakan salah satu program MTs. Zaha untuk membiasakan santri membaca Al-Qur’an. Dengan keistiqomahannya setiap hari, diharapkan santri yang belum lancar dalam membaca Al-Qur’an bisa lancar, bahkan bisa sampai level hafal. “Setelah khatam ini, profatan tetap berlanjut dan diulang dari surat pertama lagi”. Ujar ustadz Abd. Wafi Haris, wakil kepala madrasah bagian kesiswaan. (Gus/Fin)