Program PDCI Disambut Baik oleh Kanwil Kemenag Provinsi Jawa Timur

Drs. H. Syamsuri, M.Pd,Kasi Kurikulum dan Evaluasi Kanwil Kemenag Provinsi Jawa Timur saat memberikan sambutan

Genggong- Program Madrasah Tsanawiyah Zainul Hasan (MTs. Zaha) Genggong kecamatan Pajarakan kabupaten Probolinggo dalam memberlakukan Sistem Kredit Semester (SKS) by School mendapat respon baik dari kantor wilayah kementerian agama (kanwil kemenag) provinsi Jawa Timur. Terbukti, pada hari Selasa kemarin (23/5) tim dari kanwil kemenag provinsi hadir ke MTs. Zaha Genggong untuk melakukan visitasi.

Tim dari kanwil yang dipimpin oleh kepala seksi kurikulum dan evaluasi (kasi kurev), Drs. H. Syamsuri, M.Pd, didampingi sekretaris Syahril Effendi, SE., MSA dan Berlian Syafaat itu meninjau kesiapan MTs. Zaha Genggong dalam melaksanakan program SKS by School atau penyediaan layanan khusus peserta didik yang memiliki kecerdasan istimewa.

Kedatangan tim tersebut disambut langsung oleh kepala madrasah KH. Moh. Hasan Naufal, didampingi kepala biro pendidikan PZH Genggong, Dr. Abd. Aziz, M.Ag beserta seluruh asatidz dan asatidzah serta para santri putra. Rombongan langsung menuju ruang pertemuan yang telah disiapkan sebelumnya, yakni di gedung baru MTs. Zaha. Disini pula acara pembukaan dilaksanakan yang dibuka oleh waka humas, ustad Teguh Firmansyah.

Acara dilanjutkan dengan sambutan oleh kepala MTs. Zaha yang mengungkapkan rasa syukur dan terima kasih atas kehadiran tim dari kanwil. Beliau juga menyampaikan bahwa program yang digagas oleh MTs. Zaha saat ini termasuk salah satu kebutuhan di tubuh MTs. Zaha. “Peserta didik kami dari tahun ke tahun banyak yang memiliki tingkat kecerdasan diatas rata-rata namun belum terfasilitasi. Memang sudah saatnya kami memberikan fasilitas khusus bagi mereka yang ber-IQ tinggi berupa program PDCI ini, karena memang mereka berhak mendapatkan layanan seperti ini,” ujarnya tegas.

Ditengah-tengah memberikan sambutan, kepala MTs. Zaha juga mempersembahkan profil madrasah. Dalam pemutaran video profil yang berdurasi 14 menit itu MTs. Zaha mendapat aplaus meriah dari tim visitasi.

Acara dilanjut dengan sambutan yang disampaikan oleh kepala Pendidikan PZH Genggong, Ustadz Dr. Abd. Aziz Wahab. M.Ag. Dalam sambutannya beliau berharap MTs. Zainul Hasan Genggong nantinya menjadi madrasah percontohan di kabupaten Probolinggo. Sebab, menurutnya MTs. Zaha merupakan madrasah yang memiliki banyak inovasi dalam mengembangkan pendidikan. Untuk itu ia juga meminta kepada pihak kanwil untuk memberikan bimbingan dan kesempatan kepada MTs. Zaha untuk membuka program SKS by School yang merupakan inovasi terbaru dari MTs. Zaha.

 “Kehadiran panjenengan bertiga ke lembaga ini diharapkan dapat memberikan doa dan motivasi serta dukungan kepada kami. Sangat besar harapan kami kepada panjenengan untuk membimbing kami dalam membuka program kami ini” tutur beliau.

Sambutan terakhir disampaikan oleh Kasi Kurev, bapak Drs. H.M.Syamsuri, M.Pd. beliau menuturkan bahwa madrasah merupakan lembaga pendidikan paling ideal di Indonesia. Karena menurutnya madrasah mampu memadukan antara intelektual dan moralitas. “Madrasah merupakan lembaga pendidikan tertua di Indonesia. Kualitas pendidikan di madrasah harus maju, tidak boleh kalah dengan lembaga pendidikan milik nasrani. Untuk itu, kami menyambut baik izin kreatif yang dilakukan MTs. Zainul Hasan Genggong”, ujarnya.

Usai acara seremonial, tim visitasi meninjau dan melihat langsung kesiapan dari MTs. Zaha Genggong dalam melaksanakan program SKS by school, Baik dari segi sarana maupun semua dokumen yang ada. Dari tahapan ini, nantinya izin akan didapatkan oleh MTs. Zaha. “Dari ini kanwil akan merekom MTs. Zainul Hasan Genggong untuk melaksanakan program SKS. Nanti izin resminya menunggu SK dari Dirjen, insya Allah tidak lama lagi SK-nya akan turun”. Terang bapak Syamsuri. (Tgh/Fin)

Telegram
Facebook
Twitter
WhatsApp
Print

Tinggalkan Balasan